Uncategorized

Pengendalian Hama Padi Sawah

Pengendalian Hama Padi Sawah

Tanaman padi, baik itu padi sawah ataupun padi darat (gogo) merupakan salah satu tanaman pangan yang sangat rentang terserang hama. Ada banyak sekali jenis hama yang bisa menyerang tanaman padi.

Beberapa jenis hama tersebut sudah pasti mempunyai efek serangan berbahaya dan meresahkan para petani. Jika tidak segera ditangani secara tepat maka hama tersebut bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar. Adapun cara pengendalian hama padi sawah adalah sebagai berikut:

1. Keong Mas

Keong mas atau yang biasa disebut dengan keong sawah merupakan hama padi yang sangat meresahkan para petani. Hama keong mas biasanya akan menyerang tanaman padi pada pagi dan sore hari pada masa pertumbuhan awal.

Pengendalian:

  • Memungut satu per satu keong mas dan kemudian memusnahkannya
  • Menempatkan banyak bebek di sawah, bebek tersebut akan membersihkan keong sawah dengan cara memakannya secara langsung

2. Tikus

Tikus merupakan hama yang bisa dibilang paling merusak budidaya tanaman padi. Hama tikus ini biasanya akan menyerang aktif pada malam hari, dan pada siang hari biasanya mereka akan bersembunyi didalam lubang pada tanggul sawah.

Pengendalian:

  • Pengendalian bisa dilakukan denga perburuan atau gropyok secara masal
  • Membersihkan lingkungan persawahan dari gulma dan juga rumput liar supaya tidak dijadikan sebagai tempat persembunyian hama tikus

3. Penggerek Batang

Penggerek batang merupakan larva dari ngengat yang berwarna kuning atau coklat. Ngengat ini biasanya akan menempatkan telurna pada setiap batang tanaman padi dan selanjutnya akan menetas menjadi larva. Larva-larva inilah yang biasnya menyerang dan memakan batang tanaman padi dari dalam sehingga bisa membuat tanaman padi menjadi rusak, menguning dan bahkan mati.

Pengendalian:

  • Menghamparkan jerami dan kemudian menjemurnya supaya larva yang berada di jerami tersebut mati
  • Mengolah dan menggenangi sawah sesudah panen
  • Memberikan insektisida sistematik yang memiliki bentuk butiran seperti karbofuran, furadan, atau curater. Insektisida tersebut kemudian akan diserap oleh akar dan akan langsung masuk kedalam jaringan tanaman padi, sehingga larva bisa langsung mati saat memakan batang tanaman padi.

baca juga : https://www.agrobibittanaman.com/

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*